Harga Jasa Renovasi Rumah

Posted on

Sebuah rumah akan membutuhkan sebuah renovasi ketika struktur bangunan tersebut memang sudah harus diganti karena sudah termakan oleh usia, beberapa alasan lain karena bertambahnya keluarga yang mengakibatkan anda harus pintar-pintar mendesain rumah agar tetap nyaman digunakan walaupun dengan jumlah keluarga yang banyak.

Untuk merenovasi sebuah rumah anda bisa melakukan perombakan atau penambahan ruangan ke samping maupun ke atas. Dengan membuat perencanaan desain yang baik sejak awal, maka akan terwujud hasil yang baik pula.

Namun, untuk mewujudkan rumah yang nyaman juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan renovasi pastinya. Biaya tersebut jelas digunakan untuk membeli bahan material dan upah para pekerja.

Agar pengeluaran tidak terlalu menghabiskan uang anda secara berlebihan, maka hal pertama yang anda pikirkan adalah bagaimana cara untuk mendesain bangunan yang akan direnovasi. Dengan membuat pola desain maka anda akan tahu berapa besar jumlah buget yang nantinya dikeluarkan hingga proyek selesai.

Untuk hal ini maka anda janganlah berhenti untuk mencari informasi (riset) tentang harga meterial di toko-toko bangunan agar mendapatkan harga yang terjangkau dengan bahan berkualitas. Atau bahkan anda dapat berkonsultasi langsung kepada tukang bangunan atau konsultan yang ahli pada bidangnya.

Hal tersebut pasti akan sangat berguna karena Anda bisa mengetahui berapa lama prakiraan proses pengerjaan dan menengtahui bahan yang diperlukan, tentunya Anda juga akan tahu berapa kira-kira untuk membutuhkan anggaran biayanya.

Selain anda harus membuat biaya pengeluaran untuk bahan material bangunan anda juga perlu mempersiapkan anggaran untuk upah tukang pekerjaannya.. Untuk pembayaran upah tukang dikenal dengan sistem harian dan sistem borongan jasa.

Untuk biaya upah sistem tukang harian, anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 100 ribu hingga Rp. 150 ribu Rupiah untuk setiap orang per harinya. Berbeda jika anda menggunakan sistem jasa borongan, di mana Anda akan membayar jasa berdasarkan luas M2 proyek pembangunannya.

Harga standar untuk biaya sistem borongan biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 600 ribu hingga Rp. 800 per m2. Maka dari itu jika anda menggunakan sistem ini Anda harus pintar-pintar menggunakan jasa yang profesional dan berpengalaman.