Jasa Kontraktor Rumah

Posted on

Kata kontraktor terdiri dari kata “kontrak” yang artinya kesepakatan kontrak atau surat perjanjian yang berhubungan dengan sebuah proyek pekerjaan. Dengan istilah lain, kontraktor biasanya disebut juga dengan istilah pemborong, namun tidak seperti pemborong pada umumnya.

Berdasarkan maknanya kontraktor merupakan sebuah badan hukum atau badan usaha yang dapat disewa untuk mengerjakan sebuah proyek yang sesuai dengan isi perjanjian dalam kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebelumnya. Proyek ini juga dibatasi oleh waktu, biaya, serta detail pekerjaan yang dilaksanakan.

Kontraktor rumah akan mendapatkan pekerjaannya dengan dua cara. Pertama yaitu memenangkan sebuah proyek pembangunan dalam sebuah lelang dengan bersaing sesama kontraktor lainnya. Kedua, penunjukan secara langsung dari pemilik proyek pembangunan.

Setiap perusahaan kontraktor patinya memiliki cakupan yang luas, karena masing-masing berfokus pada usaha dan spesialisasi sesuai dengan bidangnya. Sebagai contoh pada bidang kontraktor rumah, badan usaha tersebut akan bertanggung jawab penuh dalam proses konstruksi rumah atau bangunan sampai selesai dibangun menjadi satu unit rumah.

Proyek yang dikerjakan kontraktor bukan hanya soal rumah saja, proyek lain berupa pekerjaan konstruksi berskala besar, seperti pembangunan gedung perkantoran, mall, jalan raya, bandar udara, pelabuhan, dan lain sebagainya. Hal lain bisa juga berupa pengadaan tenaga kerja dan pengadaan seragam atau bahkan hingga peralatan militer.

Tanggung jawab dar sebuah kontraktor adalah dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang tertulis di dalam kontrak perjanjian, melaporkan perkembangan proses pembangunan kepada sang pemilik proyek baik secara lisan maupun tertulis, bisa setiap hari, minggu, maupun setiap bulan.

Hal lain juga harus bisa memastikan target proyek agar tercapai sesuai dengan tenggang waktu yang disepakati sebelumnya, menyediakan tenaga kerja, pemenuhan bahan material, tempat dan menjaga alat-alat yang berhubungan dengan proyek.

Hal yang perlu anda ketahui bahwa pekerjaan kontraktor banyak mengandung risiko. Karena pada dasarnya kontraktor bekerja sesuai dengan perjanjian kontrak, maka apabila kontraktor tersebut gagal menyelesaikan proyek pembangunan sesuai dengan waktu yang disepakati, maka kontraktor akan mendapatkan sangsi atau denda.

Kesalahan yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknik dalam perjanjian pada kontrak juga akan sangat memengaruhi. Maka dari itu, sebaiknya jika anda menggunakan jasa kontraktor pastikan untuk menggunakan jasa yang telah berpengalaman dan profesional.