Tips Menempatkan Kompor berdasarkan Feng shui

Posted on

Kompor merupakan alat penghasil api yang digunakan untuk memanaskan suatu benda. Pemanasan dapat dilakukan dengan 2 hal; yaitu secara langsung di atas api ataupun melalui media/ perantara lain (unsur air). Kompor berasal dari istilah bahas Belanda, yaitu Komfoor (alat masak yang dapat menghasilkan suhu panas tinggi). Kompor menurut feng shui sendiri melambangkan keadaan keuangan suatu rumah tangga, karena itu kompor harus tetap bersih/ terawat dan bekerja dengan baik sehingga keuangan uang dan kekayaan dapat mudah memasuki rumah. Dalam ilmu pengetahuan feng shui penempatan dapur dan kompor yang tepat sebenarnya sangat penting. Kalau diletakkan ditempat yang baik, penghuninya dapat mengharapkan keberuntungan, kalau tidak penyakit dan pemborosan uang serta barang-barang dapat menjadi akibatnya. Dalam ilmu pengetahuan feng shui bila dapur dan kompor diletakkan dengan baik penghuni rumah akan banyak mendapatkan keberuntungan, tetapi kalau salah akan menyebabkan masalah dan banyak  rejeki yang hilang.


Berikut adalah 10 hal yang harus diperhatikan dalam menempatkan Kompor, diantaranya :

  1. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di belakang tempat tidur, karena dapur mempunyai energi panas yang dapat menyebar ke seluruh area. Secara logika, dapur yang terletak di pusat rumah tentu tidak memiliki ventilasi yang memadai, sehingga menjadi pengap dan lembab, serta menyebarkan panas dan asap ke bagian rumah yang lain.
  2. Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan tangga, karena tangga merupakan area yang banyak menghasilkan debu dari hentakan kaki yang menaiki maupun menuruni tangga. Secara Feng shui, Hal ini untuk menghindari ‘hangusnya’ energi positif Chi. Hilangnya energi ini dapat menyebabkan pencari nafkah kehilangan atau terhambat pekerjaannya.
  3. Kompor sebaiknya tidak dianjurkan berada dibelakang bak cuci, kamar mandi ataupun kakus,
  4. Kompor sebaiknya tidak berada di tengah rumah,
  5. Kompor sebaiknya tidak berada diantara dua buah keran air, dikarenakan akan menyebabkan adanya pertentangan antar unsur elemen.
  6. Kompor sebaiknya tidak berada dibawah balok atap,
  7. Kompor sebaiknya tidak berada diatas saluran buangan atau air,
  8. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di depan jendela yang besar, dalam feng shui dikatakan sangat rentan, karena adanya angin dari luar yang akan dengan mudah memadamkan api kompor, yang berarti tidak ada jaminan akan penghidupan yang baik.
  9. Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu utama, pintu kamar tidur utama, dan pintu kamar mandi,
  10. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di dekat barang/ benda yang mudah terbakar.

 

Semoga bermanfaat.

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<