Tips Merawat Jendela Kayu dan Alumunium

Posted on

window_cleaning

Gambar : Ilustrasi

Jendela adalah elemen yang sangat penting dalam bangunan. Bukan hanya pembentuk karakter rumah, tapi fungsinya pun dapat menentukan kenyamanan dalam bangunan sebagai ventilasi dan sumber penerangan natural. Jendela berfungsi sebagai ventilasi karena keberadaan jendela tsb, menentukan iklim dalam ruangan dengan mengalirkan kuantitas udara segar yang masuk. Berfungsi sebagai sumber penerangan karena jendela memasukkan cahaya natural kedalam ruangan pada pagi, siang dan sore hari.

Berikut adalah cara merawat jendela kayu dan alumunium :

  • Jendela kayu

Didaerah beriklim tropis atau rumah tropis, sering kali kendela rumah menghadapi masalah pelapukan dan serangan rayap. Untuk menjaganya tetap cantik, anda perlu menerapkan beberapa teknik perawatan jendela kayu agar tetap awet.

Untuk menghindari kelapukan, jika material jendela anda ada yang terbuat dari kayu dan sering terkena air hujan, sebaiknya pilih kualitas kayu dengan tingkat keawetan tinggi, jendela kayu jati misalnya. Langkah paling praktis merawat kayu dari pelapukan ialah dengan memberikan lapisan akhir berupa cat.

Lapisan cat akan sedikit banyak menutupi pori-pori kayu sehingga air tidak mudah mersap ke dalamnya. Untuk menghemat, lapisi material jendela kayu dengan cat tembok sebelum dicat dengan cat kayu biasa

Cari cat tembok dengan warna senada dengan cat kayu yang akan Anda pakai. Setelah itu, baru dilapisi cat kayu.

Sementara itu, untuk menghindari rayap, paling tidak ada dua cara bisa Anda lakukan. Cara pertama dikenal dengan upaya preventif, yaitu melapisi kayu yang akan diolah menjadi jendela dengan cairan khusus antirayap.

Cara kedua atau cara tradisional, seperti mengapur kayu, dapat dijadikan pilihan cerdik. Kapur akan mengeluarkan hawa panas yang membuat rayap tidak bisa hidup di dalamnya.

  • Jendela Aluminium

Bahan kusen dengan Alumunium adalah kusen pintu yang tidak membutuhkan perawatan rutin. Sebab, kusen jendela jenis ini tidak akan berkarat dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kusen alumunium juga kuat menahan sinar matahari dan siraman air hujan sekaligus. Makanya, kusen pintu jenis ini hanya butuh perawatan yang minimal, hanya dengan mengelapnya secara rutin. Dan, untuk membersihkan kusen alumunium cukup menggunakan lap basah dan hindari dari benturan.

Sekian Tips dari kami, semoga bermanfaat.. 😀

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<