Jasa Desain Rumah http://bangunan88.com Adalah Jasa Desain Arsitektur dan Bangun Rumah Minimalis Murah di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, dan Tangerang Sun, 11 Feb 2018 18:21:08 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.4 http://bangunan88.com/wp-content/uploads/2016/08/cropped-kotak2-32x32.png Jasa Desain Rumah http://bangunan88.com 32 32 Tips Merawat Jendela Kayu dan Alumunium http://bangunan88.com/blog/tips-merawat-jendela-kayu-dan-alumunium http://bangunan88.com/blog/tips-merawat-jendela-kayu-dan-alumunium#respond Sun, 11 Feb 2018 18:21:08 +0000 http://bangunan88.com/?p=5824 window_cleaning

Gambar : Ilustrasi

Jendela adalah elemen yang sangat penting dalam bangunan. Bukan hanya pembentuk karakter rumah, tapi fungsinya pun dapat menentukan kenyamanan dalam bangunan sebagai ventilasi dan sumber penerangan natural. Jendela berfungsi sebagai ventilasi karena keberadaan jendela tsb, menentukan iklim dalam ruangan dengan mengalirkan kuantitas udara segar yang masuk. Berfungsi sebagai sumber penerangan karena jendela memasukkan cahaya natural kedalam ruangan pada pagi, siang dan sore hari.

Berikut adalah cara merawat jendela kayu dan alumunium :

  • Jendela kayu

Didaerah beriklim tropis atau rumah tropis, sering kali kendela rumah menghadapi masalah pelapukan dan serangan rayap. Untuk menjaganya tetap cantik, anda perlu menerapkan beberapa teknik perawatan jendela kayu agar tetap awet.

Untuk menghindari kelapukan, jika material jendela anda ada yang terbuat dari kayu dan sering terkena air hujan, sebaiknya pilih kualitas kayu dengan tingkat keawetan tinggi, jendela kayu jati misalnya. Langkah paling praktis merawat kayu dari pelapukan ialah dengan memberikan lapisan akhir berupa cat.

Lapisan cat akan sedikit banyak menutupi pori-pori kayu sehingga air tidak mudah mersap ke dalamnya. Untuk menghemat, lapisi material jendela kayu dengan cat tembok sebelum dicat dengan cat kayu biasa

Cari cat tembok dengan warna senada dengan cat kayu yang akan Anda pakai. Setelah itu, baru dilapisi cat kayu.

Sementara itu, untuk menghindari rayap, paling tidak ada dua cara bisa Anda lakukan. Cara pertama dikenal dengan upaya preventif, yaitu melapisi kayu yang akan diolah menjadi jendela dengan cairan khusus antirayap.

Cara kedua atau cara tradisional, seperti mengapur kayu, dapat dijadikan pilihan cerdik. Kapur akan mengeluarkan hawa panas yang membuat rayap tidak bisa hidup di dalamnya.

  • Jendela Aluminium

Bahan kusen dengan Alumunium adalah kusen pintu yang tidak membutuhkan perawatan rutin. Sebab, kusen jendela jenis ini tidak akan berkarat dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kusen alumunium juga kuat menahan sinar matahari dan siraman air hujan sekaligus. Makanya, kusen pintu jenis ini hanya butuh perawatan yang minimal, hanya dengan mengelapnya secara rutin. Dan, untuk membersihkan kusen alumunium cukup menggunakan lap basah dan hindari dari benturan.

Sekian Tips dari kami, semoga bermanfaat.. 😀

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

]]>
http://bangunan88.com/blog/tips-merawat-jendela-kayu-dan-alumunium/feed 0
Mendesain Pintu dan Jendela Rumah http://bangunan88.com/blog/mendesain-pintu-dan-jendela-rumah http://bangunan88.com/blog/mendesain-pintu-dan-jendela-rumah#respond Sun, 11 Feb 2018 06:24:27 +0000 http://bangunan88.com/?p=5822 Pintu

Pintu rumah merupakan hal pertama yang diperhatikan seseorang sebelum memasuki sebuah rumah. Terkadang orang menilai isi dari sebuah rumah dari model, bentuk, serta kondisi sebuah pintu. Bahkan menurut kepercayaan sebagian orang, kita tidak boleh membiarkan kondisi pintu yang rusak, apalagi yang seret dan susah dibuka karena mereka percaya bahwa pintu merukana jalan masuk rejeki ke dalam rumah. Bila pintu dalam keadaan seret dan susah dibuka maka rejeki yang akan masuk ke dalam rumah juga akan seret dan susah. Terlepas dari aneka kepercayaan mengenai pintu, biasanya model pintu rumah disesuaikan dengan model dan  konsep rumah itu sendiri, sehingga tidak heran bila di sekitar kita terdapat berbagai model pintu rumah.

Hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam mendesain pintu dan jendela:

  1. Matahari

Pintu dan jendela merupakan sumber pengurangan dan penambahan panas, sehingga jendela dapat diletakkan di sisi sebelah timur dan/atau barat,

  1. Penerangan

Untuk menghasilkan penerangan alami sebuah ruangan,  dengan menempatkan jendela dekat sudut ruangan maka dinding didekatnya disinari cahaya akan memantulkan ke dalam ruangan,

  1. Pemandangan

Jendela sebaiknya ditempatkan untuk memberi bingkai pada pemandangan. Ketinggian ambang atas jendela sebaiknya tidak memotong pemandangan orang yang duduk ataupun berdiri di dalam ruangan, juga jangan sampai kerangka jendela membagi dua atau lebih suatu pemandangan,

  1. Penampilan

Pintu dan jendela akan dapat mempengaruhi penampilan ekterior rumah/ bangunan.

Semoga bermanfaat 😀

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

]]>
http://bangunan88.com/blog/mendesain-pintu-dan-jendela-rumah/feed 0
Tips Menempatkan Kompor berdasarkan Feng shui http://bangunan88.com/blog/tips-menempatkan-kompor-berdasarkan-feng-shui http://bangunan88.com/blog/tips-menempatkan-kompor-berdasarkan-feng-shui#respond Sat, 10 Feb 2018 18:20:33 +0000 http://bangunan88.com/?p=5820 Kompor merupakan alat penghasil api yang digunakan untuk memanaskan suatu benda. Pemanasan dapat dilakukan dengan 2 hal; yaitu secara langsung di atas api ataupun melalui media/ perantara lain (unsur air). Kompor berasal dari istilah bahas Belanda, yaitu Komfoor (alat masak yang dapat menghasilkan suhu panas tinggi). Kompor menurut feng shui sendiri melambangkan keadaan keuangan suatu rumah tangga, karena itu kompor harus tetap bersih/ terawat dan bekerja dengan baik sehingga keuangan uang dan kekayaan dapat mudah memasuki rumah. Dalam ilmu pengetahuan feng shui penempatan dapur dan kompor yang tepat sebenarnya sangat penting. Kalau diletakkan ditempat yang baik, penghuninya dapat mengharapkan keberuntungan, kalau tidak penyakit dan pemborosan uang serta barang-barang dapat menjadi akibatnya. Dalam ilmu pengetahuan feng shui bila dapur dan kompor diletakkan dengan baik penghuni rumah akan banyak mendapatkan keberuntungan, tetapi kalau salah akan menyebabkan masalah dan banyak  rejeki yang hilang.


Berikut adalah 10 hal yang harus diperhatikan dalam menempatkan Kompor, diantaranya :

  1. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di belakang tempat tidur, karena dapur mempunyai energi panas yang dapat menyebar ke seluruh area. Secara logika, dapur yang terletak di pusat rumah tentu tidak memiliki ventilasi yang memadai, sehingga menjadi pengap dan lembab, serta menyebarkan panas dan asap ke bagian rumah yang lain.
  2. Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan tangga, karena tangga merupakan area yang banyak menghasilkan debu dari hentakan kaki yang menaiki maupun menuruni tangga. Secara Feng shui, Hal ini untuk menghindari ‘hangusnya’ energi positif Chi. Hilangnya energi ini dapat menyebabkan pencari nafkah kehilangan atau terhambat pekerjaannya.
  3. Kompor sebaiknya tidak dianjurkan berada dibelakang bak cuci, kamar mandi ataupun kakus,
  4. Kompor sebaiknya tidak berada di tengah rumah,
  5. Kompor sebaiknya tidak berada diantara dua buah keran air, dikarenakan akan menyebabkan adanya pertentangan antar unsur elemen.
  6. Kompor sebaiknya tidak berada dibawah balok atap,
  7. Kompor sebaiknya tidak berada diatas saluran buangan atau air,
  8. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di depan jendela yang besar, dalam feng shui dikatakan sangat rentan, karena adanya angin dari luar yang akan dengan mudah memadamkan api kompor, yang berarti tidak ada jaminan akan penghidupan yang baik.
  9. Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu utama, pintu kamar tidur utama, dan pintu kamar mandi,
  10. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di dekat barang/ benda yang mudah terbakar.

 

Semoga bermanfaat.

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

]]>
http://bangunan88.com/blog/tips-menempatkan-kompor-berdasarkan-feng-shui/feed 0
Daya Sebar MU (Mortar Utama) http://bangunan88.com/blog/daya-sebar-mu-mortar-utama http://bangunan88.com/blog/daya-sebar-mu-mortar-utama#respond Sat, 10 Feb 2018 06:39:01 +0000 http://bangunan88.com/?p=5818 Apakah yang dimaksud dengan Mortar Utama atau mungkin orang proyek lebih familliar dengan kata MU, MU adalah Semen instan sebgai pengganti (PC) semen hitam yang mungkin lebih sering kita jumpai di pembangunan dulu-dulu di kampung maupun di kota sampai sekarang sih,,, hehe. kerena fungsinya yang multi fungsi biasa untuk pekerjaan finishing atau pun untuk bahan PC pengecoran.

MU biasanya digunakan hanya untuk pekerjaan Arsitektur, seperti pekerjaan perekat pasangan bata ringan, pelester, acian, perekat keramik dll.

Penggunaan Mortar Utama pada pekerjaan konstruksi sangat membantu sekali kepada kontraktor pelaksanan, selain pekerjaannya mudah diaplikasikan serta harganya relatif murah jika dibanding dengan semen hitam,

Adapun daya sebar dari MU adalah point yang akan kami sharing, karena tidak banyak orang yang menulis. berikut ini saya sediakan link Dowload Brosur dari Mortar Utama.

 DOWNLOAD

Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung www.bangunan88.com

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/daya-sebar-mu-mortar-utama/feed 0
Definisi Green Architechture ( Arsitektur Hijau ) http://bangunan88.com/blog/definisi-green-architechture-arsitektur-hijau http://bangunan88.com/blog/definisi-green-architechture-arsitektur-hijau#respond Fri, 09 Feb 2018 18:12:49 +0000 http://bangunan88.com/?p=5816

Definisi green architecture (arsitektur hijau) adalah sebuah kesadaran lingkungan arsitektur yang tidak hanya memasukkan aspek utama arsitektur (kuat,fungsi, nyaman, rendah biaya, estetika), namun juga memasukkan aspek lingkungan dari sebuah green buildings yaitu efisiensi energi, konsep keberlanjutan dan pendekatan secara holistic terhadap lingkungan.

Green architecture memiliki pengertian sebagai sebuah istilah yang menggambarkan tentang ekonomi, hemat energi, ramah lingkungan, dan dapat dikembangkan menjadi pembangunan berkesinambungan.

Green architecture mencakup keselarasan antara manusia dan lingkungan alamnya. Arsitektur hijau mengandung juga dimensi lain seperti waktu,lingkungan alam, sosio-kultural, ruang, serta teknik bangunan.Green architecture (arsitektur hijau) juga didefinisikan sebagai arsitektur yang berwawasan lingkungan dan berlandaskan kepedulian tentang konservasi lingkungan global alami dengan penekanan pada efisiensi energi (energy-efficient), pola berkelanjutan (sustainable) dan pendekatan holistik (holistic approach). Bertitik tolak dari pemikiran disain ekologi yang menekankan pada saling ketergantungan (interdependencies) dan keterkaitan (interconnectedness) antara semua sistim (artifisial maupun natural) dengan lingkungan lokalnya dan biosfeer. Credo form follows energy diperluas menjadi form follows environment yang berdasarkan pada prinsip recycle,reuse, reconfigure.

Konsep Green architecture yaitu suatu konsep perancangan untuk menghasilkan suatu lingkungan binaan ( green building ) yang dibangun serta berjalan secara lestari atau berkelanjutan. Berkelanjutan merupakan suatu kondisi dimana unsur-unsur yang terlibat selama proses pemanfaatan suatu sistem sebagian besar dapat berfungsi sendiri, sedikit mengalami penggantian atau tidak menyebabkan sumber lain berkurang jumlah serta kualitasnya.

Ada 6 (enam) aspek yang menjadi pedoman dalam evaluasi penilaian Green Building

  • Tepat Guna Lahan (Approtiate Site Development / ASD)
  • Efisiensi dan Konservasi Energi (Energy Efficiency & Conservation / EEC)
  • Konservasi Air (Water Conservation / WAC)
  • Sumber dan Siklus Material (Material Resource and Cycle / MRC)
  • Kualitas Udara & Kenyamanan Ruang (Indoor Air Health and Comfort / IHC)
  • Manajemen Lingkungan Bangunan (Building and Environment Management / BEM)

Semoga Bermanfaat 😀

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/definisi-green-architechture-arsitektur-hijau/feed 0
Definisi Tanah Girik http://bangunan88.com/blog/definisi-tanah-girik http://bangunan88.com/blog/definisi-tanah-girik#respond Fri, 09 Feb 2018 06:38:47 +0000 http://bangunan88.com/?p=5814

Apa itu Tanah Girik, Tanah Girik adalah istilah populer dari tanah adat atau tanah-tanah lain yang belum di konversi menjadi salah satu tanah hak tertentu (Hak milik, hak guna bangunan, hak pakai, hak guna usaha) dan belum didaftarkan atau di sertifikat kan pada Kantor Pertanahan setempat atau lebih dikenal dengan nama BPN (Badan Pertanahan Nasional). Sebutannya bisa bermacam2, antara lain: girik, petok D, rincik, ketitir, dll.

Peralihan hak atas tanah girik tersebut biasanya dilakukan dari tangan ke tangan, dimana semula bisa berbentuk tanah yang sangat luas (masterplan atau siteplan), dan kemudian di bagi2 atau dipecah2 menjadi beberapa bidang tanah yang lebih kecil. Peralihan hak atas tanah girik tersebut biasanya dilakukan di hadapan Lurah atau kepala desa. Namun demikian, banyak juga yang hanya dilakukan berdasarkan kepercayaan dari para pihak saja, sehingga tidak ada surat-surat apapun yang dapat digunakan untuk menelusui kepemilikannya.

Pensertifikatan tanah girik tersebut dalam istilah Hukum tanah disebut sebagai Pendaftaran Tanah Pertama kali. Untuk proses pensertifikatan tanah tersebut hanya dapat dilakukan jika pada waktu pengecekan di kantor kelurahan setempat dan kantor pertanahan terbukti bahwa tanah tersebut memang belum pernah disertifikatkan dan selama proses tersebut tidak ada pihak-pihak yang mengajukan keberatan (perihal pemilikan tanah tersebut). Apabila syarat-syarat tersebut terpenuhi, maka proses pensertifikatan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

Banyak diantara kita mungkin yang masih mempunyai tanah dengan status girik. Untuk masa sekarang hal ini tentunya menjadi sangat riskan dan beresiko sekali, karena girik sebagai bukti kepemilikan tanah dianggap kurang kuat secara hukum, karena hanya tercatat di kelurahan saja, sehingga harus ditingkatkan statusnya menjadi sertifikat sehingga tercatat di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Peningkatan status ini tentunya akan mempengaruhi nilai tanah secara keseluruhan. Nilai jual menjadi lebih tinggi dan kita juga merasa lebih aman bila mempunyai bukti kepemilikan berupa SHM (Sertifikat Hak Milik).

Demikian informasi dari kami, mudah-mudahan bisa berguna dan dapat membantu bagi siapa saja yang membutuhkan :D.

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Informasi Layanan Jasa Desain dan Bangun Rumah Klik

 

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/definisi-tanah-girik/feed 0
Cara Menghitung Jumlah Titik Lampu pada suatu Ruang http://bangunan88.com/blog/cara-menghitung-jumlah-titik-lampu-pada-suatu-ruang http://bangunan88.com/blog/cara-menghitung-jumlah-titik-lampu-pada-suatu-ruang#respond Thu, 08 Feb 2018 18:12:57 +0000 http://bangunan88.com/?p=5812

Setiap ruang pada bangunan rumah tinggal, kantor, apartemen, gudang, pabrik, dan lainnya selalu membutuhkan penerangan, baik penerangan/ pencahayaan alami (pada siang hari) dan penerangan/ pencahayaan buatan (pada malam hari). Disini kita akan membahas tentang penerangan/ pencahayaan buatan.

Apa yang dimaksud dengan penerangan/ pencahayaan buatan?

Penerangan/ pencahayaan buatan adalah suatu penerangan yang dibuat/ di desain oleh manusia, seperti lilin, lampu/ bohlam, obor, senter, dan sebagainya. Untuk mendapakan penerangan/ pencahayaan yang baik dan merata, kita harus mempertimbangkan iluminasi (kuat penerangan), sudut penyinaran lampu, jenis, dan jarak penempatan lampu yang diperlukan sesuai dengan kegiatan yang ada dalam ruangan atau fungsi ruang tersebut.

Pada dasarnya dalam perhitungan jumlah titik lampu pada suatu ruang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain : dimensi ruang (ukuran ruangan), fungsi ruang/ kegunaan ruang, warna dinding, type armature yang digunakan, dan masih banyak lagi.

Contoh :

Pencahayaan pada gudang di rumah kita, akan berbeda dengan pencahayaan pada ruang tamu atau kamar tidur. Hal ini dikarenakan fungsi dari ruang tersebut dan berdasrkan tingkat kegiatan yang akan dilakukan pada ruang tersebut.

Berikut adalah Cara Menghitung Jumlah Titik Lamu pada suatu Ruang :

Menurut SNI, daya pencahayaan maksimum untuk ruang kantor/ industri adalah 15 watt/ m2. Untuk rumah tak melebihi 10 watt/m2.( tambahan Ir. Hartono Poerbo, M.Arch : untuk toko 20-40 watt/m2, hotel 10-30 watt/m2, sekolah 15-30 watt/m2, rumah sakit 10-30 watt/m2 ). Coba terapkan perhitungan ini pada setiap ruang di rumah, kemudian jumlahkan dan dirata-rata. Misalnya, rumah anda berukuran 36 m2, maka jumlah daya untuk lampu harus di bawah 360 watt. Jika jumlahnya berlebih, sebaiknya kurangi titik lampu atau gunakan jenis lampu hemat energi.

Jumlah lampu pada suatu ruang ditentukan / dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut :

Dimana :

N = jumlah titik lampu
E = Kuat Penerangan /target kuat penerangan yang akan dicapai (Lux)
L = Panjang Ruang(Meter)
W = Lebar Ruang (Meter)
Ø = Total Lumen Lampu / Lamp Luminous Flux
LLF = Light loss factor / Faktor Cahaya Rugi (0,7-0,8)
CU = coeffesien of utilization / Faktor Pemanfaatan (50-65 %)
n = Jumlah Lampu dalam 1 titik Lampu

KUAT PENERANGAN (E)

Perkantoran = 200 – 500 Lux
Apartemen / Rumah = 100 – 250 Lux
Hotel = 200 – 400 Lux
Rumah sakit / Sekolah = 200 – 800 Lux
Basement / Toilet / Coridor / Hall / Gudang / Lobby = 100 – 200 Lux
Restaurant / Store / Toko = 200 – 500 Lux


Ø = W x L/w 

Dimana :
W = daya lampu,
L/w= Luminous Efficacy Lamp / Lumen per watt (dapat dilihat pada box lampu yang kita beli).

Contoh,
Untuk lampu PL 18W dengan type ESSENTIAL 18W CDL E27 220-240V mempunyai Luminous Efficacy Lamp sebesar 61 Lm/W, jadi :

Ø = W x Lm/w
Ø = 18 x 61 = 1098 lumen.

Sekarang coba kita hitung sebuah ruang tamu dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter, akan dipasang dengan lampu PL 18 watt. Berapa jumlah lampu yang akan dipasang pada ruanga tersebut.

Diketahui :
E = 150 (antara 100 – 300 Lux),
L = 7 meter,
W = 4 meter,
n = 1 bh,
LLF = 0,8 (Antara 0,7-0,8),
CU = 65% (antara 50-65 %),
Ø = 1098 lumen

Ditanya N :
Jumlah Titik Lampu yang akan dipasang pada ruang 7 x 4 meter dengan menggunakan jenis lampu PL 18 w (ESSENTIAL 18W CDL E27 220-240V)

Penyelesaiannya :

Menurut standart SNI, untuk penerangan rumah tidak melebihi 10 W/M²,
maka :

Dari perhitungan diatas, kita mengetahui bahwa dengan ruangan 7 x 4 meter yang akan dipasang lampu PL 18W dengan type ESSENTIAL 18W CDL E27 220-240V memerlukan paling tidak 8 titik lampu. Apabila hasil dari perhitungan diatas dirasa terlalu terang atau kurang terang, kita dapat menyiasati dengan mengganti lampu dengan watt yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Semoga dapat membantu bagi siapa saja yang membutuhkan, dan selamat mencoba 😀

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/cara-menghitung-jumlah-titik-lampu-pada-suatu-ruang/feed 0
Cara Pemasangan Batu Alam http://bangunan88.com/blog/cara-pemasangan-batu-alam http://bangunan88.com/blog/cara-pemasangan-batu-alam#respond Thu, 08 Feb 2018 06:17:02 +0000 http://bangunan88.com/?p=5809
Lingkup pekerjaan ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu lainnya untuk melaksanakan pekerjaan sehingga dapat dicapai hasil pekerjaan yang baik dan sempurna.
Pekerjaan pemasangan ini meliputi penyediaan bahan sampai dengan pemasangan batu alam pada dinding yang ditunjuk sesuai dengan gambar serta shopdrawing.
Berikut cara pemasangannya :
  1. Lakukan perencanaan kepalaan dengan baik,
  2. Aplikasikan adukan (tile adhesive) pada bidang dasar,
  3. Ratakan adukan dengan trowel sesuai dengan ukuran Batu Alam yang hendak dipasang,
  4. Letakkan Batu Alam diatas adukan dan pukul dengan palu karet untuk mengatur bevel & naad yang diinginkan,
  5. Gunakan spacer atau paku dengan diameter sesuai dengan jarak naad yang diinginkan . Jarak Naad sebaiknya + 2 mm. Pemakaian naad sangat dianjurkan karena selain berfungsi senagai unsur dekorative dan perekat antar homogeneous tile juga berfungsi sebagai bahan penetralisir muai susut homogeneous tile serta penetralisir dimensi tile yang tidak sama,
  6. Untuk mendapatkan level yang baik gunakan waterpass,
  7. Bersihkan setiap Batu Alam yang sudah terpasang dari bahan adukan yang menempel sebelum bahan adukan tersebut mengering,
  8. Berikan perlindungan terhadap Batu Alam yang sudah terpasang, apabila masih ada item pekerjaan lainnya,
  9. Usahakan agar Batu Alam yang sudah terpasang selalu dalam keadaan kering.
Setelah selesai maka pekerjaan selanjutnya adalah Pengisian Naad :
  1. Pengisian naad Batu Alam sebaiknya dilakukan  setelah 2 x 24 jam pemasangan,
  2. Sebelum pengisian naad bersihkan Batu Alam dari kotoran/debu dan minyak terutama pada lubang naad,
  3. Buat campuran sesuai dengan petunjuk dari produk yang digunakan lalu aplikasikan,
  4. Basahi Batu Alam yang akan di grout dengan lap/spon basah untuk mengisi pori-pori tile.
Tahap terakhir adalah Pembersihan :
  1. Pada tahap pembersihan, sebenarnya tidak memerlukan metoda yang khusus, cukup dibersihkan dengan sapu / sikat halus saja,
  2. Setelah dibersihkan sebaiknya batu alam di-couting lagi dengan lapisan pelindung yang tidak berwarna / clear agar warna batu alam tersebut tidak pudar dan tetap awet.
Selamat mencoba,
Salam,
Arieffa
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/cara-pemasangan-batu-alam/feed 0
Peraturan yang harus diperhatikan dalam pembangunan http://bangunan88.com/blog/peraturan-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembangunan http://bangunan88.com/blog/peraturan-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembangunan#respond Wed, 07 Feb 2018 18:11:36 +0000 http://bangunan88.com/?p=5807

Ketika kita akan membangun sebuah gedung atau rumah, yang pertama kali kita urus adalah masalah perizinan, seperti IMB. Selain mengurus IMB, kita perlu tahu juga seputar aturan-aturan mengenai bangunan. Aturan ini biasa disebut dengan Peraturan Bangunan Setempat (PBS), yang setiap daerah mempunyai peraturan tersendiri.
Berikut adalah beberapa peraturan yang harus diperhatikan :
1. Koefisien Dasar Bangunan (KDB)
Seperti telah disinggung pada artikel sebelumnya, bahwa aturan ini mengatur bagaimana di dalam membangun suatu bangunan, si pemilik bangunan diwajibkan menyisakan lahannya untuk area resapan air. KDB ni biasanya dinyatakan di dalam persentase. Misalnya anda memiliki lahan disuatu daerah dengan KDB 60% dengan luasnya 150 m2, artinya anda hanya boleh membangun rumah seluas 60% x 150 m2 = 90 m2, sisanya 60 m2 sebagai area terbuka yang fungsinya seperti disebutkan diatas.
Dasar perhitungan KDB ini memang hanya memperhitungkan luas bangunan yang tertutup atap. Jalan setapak dan halaman dengan pengerasan yang tidak beratap tidak termasuk dalam aturan ini. Walaupun demikian, sebaiknya lahan tersebut ditutup dengan bahan yang dapat meresap air, seperti paving blok.
2. Garis Sempadan Bangunan (GSB)
Garis Sempadan Bangunan (GSB) adalah suatu aturan oleh pemerintah daerah setempat yang mengatur batasan lahan yang boleh dan tidak boleh dibangun. Bangunan yang akan didirikan tidak boleh melampaui batasan garis ini. Misalnya saja, rumah anda memiliki GSB 3 meter, artinya anda hanya diperbolehkan membangun sampai batas 3 meter tepi jalan raya.
GSB ini berfungsi untuk menyediakan lahan sebagai daerah hijau dan resapan air, yang pada akhirnya menciptakan rumah sehat. Karena rumah akan memiliki halaman yang memadai sehingga penetrasi udara kedalam rumah akan lebih optimal. Selain itu, dengan adanya jarak rumah anda dengan jalan di depannya, privasi anda tentunya akan lebih terjaga.
3. Garis Sempadan Jalan (GSJ)
Garis Sempadan Jalan (GSJ) hampir mirip dengan GSB, tetapi GSJ lebih ditujukan untuk tersedianya lahan bagi perluasan jalan di masa mendatang. Misalnya di dekat lahan anda ada GSJ tertulis 1,5 meter, artinya 1,5 meter dari tepi jalan kearah halaman anda sudah ditetapkan sebagai lahan  untuk rencana pelebaran jalan. Bila suatu saat ada pekerjaan pelebaran jalan, lahan anda selebar 1,5 meter akan “terambil”.
4. Koefisien Lantai Bangunan (KLB)
KLB merupakan perbandingan antara luas total bangunan dibandingkan dengan luas lahan. Luas bangunan yang dihitung KLB ini merupakan seluruh luas bangunan yang ada, mulai dari lantai dasar hingga lantai diatasnya. Mezanin atau bangunan dengan dindingnya yang lebih tinggi dari 1.20 m, yang digunakan sebagai ruangan harus dimasukkan kedalam perhitungan KLB.
KLB biasanya dinyatakan dalam angka seperti 1,5; 2 dan sebagainya. Tiap-tiap daerah angka JLB ini berbeda-beda. Lokasi suatu daerah semakin padat, maka angka KLB akan semakin tinggi pula.
Bila di dalam PBS anda tertera KLB = 2, maka total luas bangunan yang boleh didirikan maksimal 2 kali luas lahan yang ada.
Angka-angka KLB ini berkaitab dengan jumlah lantai yang akan dibangun. Seandainya anda punya lahan 150 m2, dengan KDB 30 % dan KLB = 1, perhitungannya sebagai berikut:
  • Lantai dasar = 40% x 150 m2 = 60 m2
  • Total luas bangunan yang boleh dibangun = 150 m2
Dari perhitungan diatas diperoleh, luas lantai dasar yang boleh dibangun hanya seluas 60 m2 saja. Sedangkan luas total bangunan yang diizinkan seluas 150 m2, berarti anda bisa membangun rumah secara vertikal, dengan jumlah lantai hanya dua atau bisa juga 2 1/5 lantai. Dari dua lantai ini, kalau dikalikan 2 didapat jumlah luas total bangunan anda = 120 m2, masih tersisa 30 m2. Sisa luas yang diizinkan  (30 m2) ini dapat anda bangun diatasnya.
Saya kira peraturan ini dibuat, agar pembangunan rumah disuatu daerah akan lebih tertata dengan baik dan seimbang dan juga untuk kesehatan rumah itu sendiri. Coba kita bayangkan didekat rumah kita ada bangunan yang lebih tinggi, tentunya akan merugikan kita. Memang kenapa, karena bangunan yang lebih tinggi dari rumah kita itu akan mengurangi pasokan sinar matahari ke dalam rumah kita, karena terhalang oleh bangunan yang lebih tinggi.

Dengan mematuhi peraturan ini, secara tidak langsung kita turut menjaga keseimbangan lingkungan kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam,

Arieffa

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
]]>
http://bangunan88.com/blog/peraturan-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembangunan/feed 0
Jenis-jenis Pondasi Tiang Pancang dan Cara Pemasangannya http://bangunan88.com/blog/jenis-jenis-pondasi-tiang-pancang-dan-cara-pemasangannya http://bangunan88.com/blog/jenis-jenis-pondasi-tiang-pancang-dan-cara-pemasangannya#respond Sat, 03 Feb 2018 13:34:16 +0000 http://bangunan88.com/?p=5838 Pondasi tiang pancang (pile foundation) adalah bagian dari struktur yang digunakan untuk menerima dan mentransfer (menyalurkan) beban dari struktur atas ke tanah penunjang yang terletak pada kedalaman tertentu. Bentuk tiang pancang bisa berupa silinder atau segitiga dengan panjang tiang 10 m sampai dengan 30 m, apabila kedalaman tiang pancang melebihi satu buah maka dapat dilakukan penyambungan.

Pondasi tiang pancang digolongkan berdasarkan kualitas bahan material dan cara pelaksanaan. Menurut kualitas bahan material yang digunakan, tiang pancang dibedakan menjadi empat yaitu tiang pancang beton, tiang pancang kayu, tiang pancang baja struktur, dan tiang pancang komposit.

pondasi-tiang

A. Tiang Pancang Beton

Tiang pancang beton berdasarkan cara pembuatannya dibedakan menjadi dua macam yaitu :
– Cast in place (tiang beton cor ditempat atau fondasi tiang bor) dan
– Precast pile (tiang beton dibuat ditempat lain atau dibuat dipabrik).
Pondasi tiang pancang dibuat ditempat lain (pabrik, dilokasi) dan baru dipancang sesuai dengan umur beton setelah 28 hari. Karena tegangan tarik beton adalah kecil, sedangkan berat sendiri beton adalah besar, maka tiang pancang beton ini haruslah diberi tulangan yang cukup kuat untuk menahan momen lentur yang akan timbul pada waktu pengangkatan dan pemancangan. Pemakaian pondasi tiang pancang beton mempunyai keuntungan dan kerugian antara adalah sebagai berikut ini :
Keuntungannya yaitu :

  1. Karena tiang dibuat di pabrik dan pemeriksaan kualitas ketat, hasilnya lebih dapat diandalkan. Lebih – lebih karena pemeriksaan dapat dapat dilakukan setiap saat.
  2. Prosedur pelaksanaan tidak dipengaruhi oleh air tanah
  3. Daya dukung dapat diperkirakan berdasarkan rumus tiang pancang sehingga mempermudah pengawasan pekerjaan konstruksi.
  4. Cara penumbukan sangat cocok untuk mempertahankan daya dukung vertikal.

Kerugiannya :

  1. Karena dalam pelaksanaannya menimbulkan getaran dan kegaduhan maka pada daerah yang berpenduduk padat di kota dan desa, akan menimbulkan masalah disekitarnya.
  2. Pemancangan sulit, bila dimeter tiang terlalu besar
  3. Bila panjang tiang pancang kurang, maka untuk melakukan penyambungannya sulit dan memerlukan alat penyambung khusus.
  4. Bila memerlukan pemotongan maka dalam pelaksanaannya akan lebih sulit dan memerlukan waktu yang lama.

Metode pelaksanaan :

  1. Penentuan lokasi titik dimana tiang akan dipancang.
  2. Pengangkatan tiang.
  3. Pemeriksaan kelurusan tiang.
  4. Pemukulan tiang dengan palu (hummer) atau dengan cara hidrolik

B. Tiang Pancang Kayu

Tiang pancang dengan bahan material kayu dapat digunakan sebagai tiang pancang pada suatu dermaga. Persyaratan dari tiang pancang tongkat kayu tersebut adalah : bahan kayu yang dipergunakan harus cukup tua, berkualitas baik dan tidak cacat, contohnya kayu belian.
Semula tiang pancang kayu harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dipancang untuk memastikan bahwa tiang pancang kayu tersebut memenuhi ketentuan dari bahan dan toleransi yang diijinkan.
Semua kayu lunak yang digunakan untuk tiang pancang memerlukan pengawetan, yang harus dilaksanakan sesuai dengan AASHTO M133 – 86 dengan menggunakan instalasi peresapan bertekanan. Bilamana instalasi semacam ini tidak tersedia, pengawetan dengan tangki terbuka secara panas dan dingin, harus digunakan. Beberapa kayu keras dapat digunakan tanpa pengawetan, tetapi pada umumnya, kebutuhan untuk mengawetkan kayu keras tergantung pada jenis kayu dan beratnya kondisi pelayanan.
Kepala Tiang Pancang
Sebelum pemancangan, tindakan pencegahan kerusakan pada kepala tiang pancang harus diambil. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan pemangkasan kepala tiang pancang sampai penampang melintang menjadi bulat dan tegak lurus terhadap panjangnya dan memasang cincin baja atau besi yang kuat atau dengan metode lainnya yang lebih efektif.
Setelah pemancangan, kepala tiang pancang harus dipotong tegak lurus terhadap panjangnya sampai bagian kayu yang keras dan diberi bahan pengawet sebelum pur (pile cap) dipasang.
Bilamana tiang pancang kayu lunak membentuk pondasi struktur permanen dan akan dipotong sampai di bawah permukaan tanah, maka perhatian khusus harus diberikan untuk memastikan bahwa tiang pancang tersebut telah dipotong pada atau di bawah permukaan air tanah yang terendah yang diperkirakan. Bilamana digunakan pur (pile cap) dari beton, kepala tiang pancang harus tertanam dalam pur dengan ke dalaman yang cukup sehingga dapat memindahkan gaya. Tebal beton di sekeliling tiang pancang paling sedikit 15 cm dan harus diberi baja tulangan untuk mencegah terjadinya keretakan.
Sepatu Tiang Pancang
Tiang pancang harus dilengkapi dengan sepatu yang cocok untuk melindungi ujung tiang selama pemancangan, kecuali bilamana seluruh pemancangan dilakukan pada tanah yang lunak. Sepatu harus benar-benar konsentris (pusat sepatu sama dengan pusat tiang pancang) dan dipasang dengan kuat pada ujung tiang. Bidang kontak antara sepatu dan kayu harus cukup untuk menghindari tekanan yang berlebihan selama pemancangan.
Pemancangan
Pemancangan berat yang mungkin merusak kepala tiang pancang, memecah ujung dan menyebabkan retak tiang pancang harus dihindari dengan membatasi tinggi jatuh palu dan jumlah penumbukan pada tiang pancang. Umumnya, berat palu harus sama dengan beratnya tiang untuk memudahkan pemancangan. Perhatian khusus harus diberikan selama pemancangan untuk memastikan bahwa kepala tiang pancang harus selalu berada sesumbu dengan palu dan tegak lurus terhadap panjang tiang pancang dan bahwa tiang pancang dalam posisi yang relatif pada tempatnya.

Penyambungan
Bilamana diperlukan untuk menggunakan tiang pancang yang terdiri dari dua batang atau lebih, permukaan ujung tiang pancang harus dipotong sampai tegak lurus terhadap panjangnya untuk menjamin bidang kontak seluas seluruh penampang tiang pancang. Pada tiang pancang yang digergaji, sambungannya harus diperkuat dengan kayu atau pelat penyambung baja, atau profil baja seperti profil kanal atau profil siku yang dilas menjadi satu membentuk kotak yang dirancang untuk memberikan kekuatan yang diperlukan. Tiang pancang bulat harus diperkuat dengan pipa penyambung. Sambungan di dekat titik-titik yang mempunyai lendutan maksimum harus dihindarkan.

C. Tiang Pancang Baja Struktur

Pada umumnya, tiang pancang baja struktur harus berupa profil baja gilas biasa, tetapi tiang pancang pipa dan kotak dapat digunakan. Bilamana tiang pancang pipa atau kotak digunakan, dan akan diisi dengan beton, mutu beton tersebut minimum harus K250.
Perlindungan Terhadap Korosi
Bilamana korosi pada tiang pancang baja mungkin dapat terjadi, maka panjang atau ruasruasnya yang mungkin terkena korosi harus dilindungi dengan pengecatan menggunakan lapisan pelindung yang telah disetujui dan/atau digunakan logam yang lebih tebal bilamana daya korosi dapat diperkirakan dengan akurat dan beralasan. Umumnya seluruh panjang tiang baja yang terekspos, dan setiap panjang yang terpasang dalam tanah yang terganggu di atas muka air terendah, harus dilindungi dari korosi.
Kepala Tiang Pancang
Sebelum pemancangan, kepala tiang pancang harus dipotong tegak lurus terhadap panjangnya dan topi pemancang (driving cap) harus dipasang untuk mempertahankan sumbu tiang pancang segaris dengan sumbu palu. Setelah pemancangan, pelat topi, batang baja atau pantek harus ditambatkan pada pur, atau tiang pancang dengan panjang yang cukup harus ditanamkan ke dalam pur (pile cap).
Perpanjangan Tiang Pancang
Perpanjangan tiang pancang baja harus dilakukan dengan pengelasan. Pengelasan harus dikerjakan sedemikian rupa hingga kekuatan penampang baja semula dapat ditingkatkan. Sambungan harus dirancang dan dilaksanakan dengan cara sedemikian hingga dapat menjaga alinyemen dan posisi yang benar pada ruas-ruas tiang pancang. Bilamana tiang pancang pipa atau kotak akan diisi dengan beton setelah pemancangan, sambungan yang dilas harus kedap air.
Sepatu Tiang Pancang
Pada umumnya sepatu tiang pancang tidak diperlukan pada profil H atau profil baja gilas lainnya. Namun bilamana tiang pancang akan dipancang di tanah keras, maka ujungnya dapat diperkuat dengan menggunakan pelat baja tuang atau dengan mengelaskan pelat atau siku baja untuk menambah ketebalan baja. Tiang pancang pipa atau kotak dapat juga dipancang tanpa sepatu, tetapi bilamana ujung dasar tertutup diperlukan, maka penutup ini dapat dikerjakan dengan cara mengelaskan pelat datar, atau sepatu yang telah dibentuk dari besi tuang, baja tuang atau baja fabrikasi.

D. Tiang Pancang Komposit

Tiang pancang komposit adalah tiang pancang yang terdiri dari dua bahan yang berbeda yang bekerja bersama-sama sehingga merupakan satu tiang. Kadang-kadang pondasi tiang dibentuk dengan menghubungkan bagian atas dan bagian bawah tiang dengan bahan yang berbeda, misalnya dengan bahan beton di atas muka air tanah dan bahan kayu tanpa perlakuan apapun disebelah bawahnya. Biaya dan kesulitan yang timbul dalam pembuatan sambungan menyebabkan cara ini diabaikan.

Macam-macam tiang pancang komposit :

  1. Water Proofed Steel and Wood Pile.
  2. Composite Dropped in – Shell and Wood Pile
  3. Composit Ungased – Concrete and Wood Pile.
  4. Composite Dropped – Shell and Pipe Pile
  5. Franki Composite Pile

Cara pemasangan pondasi tiang pancang

  1. Melakukan pengetesan terhadap tanah dilokasi rencana pondasi untuk mengetahui jenis tanah dan kedalaman lapisan keras.
  2. Menghitung struktur pondasi tiang pancang sehingga dapat ditentukan kebutuhan ukuran tiang pancang, spesifikasi material dan kedalaman tiang pancang sehingga kuat untuk menahan beban bangunan yang disalurkan ke titik perhitungan.
  3. Produksi tiang pancang dapat dilakukan dipabrik dengan spesifikasi sesuai perhitungan kemudian dkirim ke lokasi proyek menggunakan kendaraan truck besar.
  4. Pengangkatan tiang pancang dapat menggunakan alat tower crane atau mobil crane dengan posisi titik angkat sesuai perhitungan sehiingga tidak terjadi patah dalam pengangkatan.
  5. Surveyor melakukan pengukuran dilapangan untuk menentukan titik-titik sesuai gambar kemudian mendirikan alat teodolit untuk mengecek ketegakan pemancangan, tiang pancang diangkat tegak lurus kemudian posisi ujung diesel hammer dinaikan dan topi paal dimasukan pada kepala tiang pancang.
  6. Ketegakan posisi pemancangan dikontrol menggunakan 2 buah teodilit yang dipasang dari dua arah untuk memastikan posisi tiang pancang tegak dan melakukan control setiap 2 m, pemancangan dilakukan sampai dengan elevasi kedalaman yang direncanakan.
  7. Tiang pancang yang tersisa diatas elevasi rencana dikelupas betonya sehingga tersisa besi tulangan yang akan dipakai sebagai stek untuk dihubungkan dengan pile cap pada bangunan gedung atau abutmen pada konstruksi jembatan.

Sumber : Berbagai sumber

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/jenis-jenis-pondasi-tiang-pancang-dan-cara-pemasangannya/feed 0
Pekerjaan Persiapan Sarana & Prasarana http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-persiapan-sarana-prasarana http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-persiapan-sarana-prasarana#respond Sat, 03 Feb 2018 13:33:44 +0000 http://bangunan88.com/?p=5836

Perkerjaan persiapan adalah tahap pekerjaan paling awal dalam sebuah kegiatan Konstruksi, pekerjaan persiapan harus matang-matang direncanakan, dibawah ini adalah yang dimaksud dengan pekerjaan persiapan proyek konstruksi

Site Plan

Perencanaan Siteplan

Yang termasuk dalam perencanaan site plan, adalah perencanaan tata letak atau layout dari fasilitas yang diperlukan selama pelaksanaan proyek. Fasilitas-fasilitas proyek yang dimaksud antara lain :

Kantor Proyek / Direksi Keet

  1. Gudang Material dan peralatan
  2. Los Kerja Besi dan Kayu
  3. Pos jaga dan Pagar Kerja
  4. Jalan Kerja
  5. Penempatan Alat Berat, Tower crane & Lift BahanBase camp staf dan Barak Pekerja

Seluruh fasilitas dan sarana proyek yang dibangun untuk pekerjaan persiapan tersebut adalah bersifat sementara dan nantinya akan dibongkar setelah pelaksanaan proyek selesai.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan layout fasilitas dan sarana diperlukan untuk suatu proyek antara lain :

  • Menempatkan semua fasilitas proyek di luar dari bagian denah pproyek yang akan dikerjakan sedemikian rupa agar tidak mengganggu pelaksanaan proyek.
  • Menempatkan material bangunan, seperti : besi beton, kayu, panel beton dan lainnya, harus dipisahkan sesuai dengan jenis dan ukurannya, sehingga memudahkan penyimpanan dan pengambilannya.
  • Menempatkan material-material yang harus dilindungi dari cuaca seperti : semen maupun material finishing lainnya dalam gudang tertutup.
  • Menempatkan alat-alat berat seperti tower crane pada posisi yang strategis, agar dapat menjangkau seluruh areal kerja yang diperlukan.
  • Merencanakan jalur jalan kerja dan arus lalulintasnya secara benar agar tidak menimbulkan stagnasi lalu lintas, baik lalulintas material mupun maneuver alat-alat berat.
  • Menempatkan lost kerja tidak jauh dari penumpukan material.
  • Menempatkan pos jaga yang tepat sehingga memudahkan mengawasi seluruh kegiatan royekMerencanakan pagar proyek yang rapi dan memperhitungkan estetika, namun tetap efisien.
  • Menempatkan barak pekerja dan base camp staf pproyek yang tidak jauh dari lokasi proyek.

Kebutuhan Listrik Kerja

Kebutuhan tenaga listrik yang dimaksud adalah jumlah daya yang diperlukan oleh kontraktor PT. Istaka untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi selama pelaksanaan proyek The Enviro, Daya listrik yang diperlukan oleh proyek meliputi :

  • Penerangan
  • Air Condition (AC)
  • Perlatan kerja, Seperti : Tower Crne, Lift Bahan, mesin potong kramik, Bor, Bar Bender, bar Cutter, Pompa Air, dan lainnya.
  • Perlatan kantor : seperti : computer, plotter, mesin fotocopi, dan lain-lain.

Keutuhan Air Kerja

Kebutuhan air kerja untuk proyek The Enviro diperoleh dari sumur bor untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut :

  • Toilet dikantor proyek
  • Barak pekerja
  • Pencucian kendaraan pproyek, dump truck, concrete mixer, dan lainya
  • Perawatan beton (Concrete Curing) termasuk Testing Beton.

Pembuatan Shop Drawing (Gambar Kerja)

Gambar kerja merupakan acuan bagi pellaksanaan pekerjaan di lapangan. Dengan adanya gambar kerja, maka pekerjaan lapangan menjadi mudah dilaksanakan dan terkendali secara teknis, baik segi waktu maupun mutu kerja.

Mobilisasi Peralatan

Peralatan yang dimobilisasi pada tahap awal, adalah perlatan yang diperlukan untuk membangun fasilitas-fasilitas proyek, seperti : Kantor proyek, Gudang dan bangunan-bangunan sementara lainnya. Pada tahap persiapan peralatan yang dibutuhkan masih terbatas pada peralatan—peralatan ringan seperti alat-alat untuk pengukuran.

Sekian dulu terimakasih…

 

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-persiapan-sarana-prasarana/feed 0
Cara Merawat Bata Expose http://bangunan88.com/blog/cara-merawat-bata-expose http://bangunan88.com/blog/cara-merawat-bata-expose#respond Sat, 03 Feb 2018 13:33:17 +0000 http://bangunan88.com/?p=5834 persp109aBata Expose merupakan sisi lain dari pemasangan batu bata yang lebih menekankan unsur estetika pada bangunan. Bata expose banyak dipilih karena mampu menciptakan karakter yang berbeda pada ruangan ataupun bangunan secara keseluruhan. Bata ini tidak hanya bisa tampil pada dinding, tetapi juga bisa tampil pada bagian-bagian lain sebuah ruangan dengan karakter tertentu. Tetapi perlu perawatan khusus agar bata expose selalu terlihat bagus dan awet.

Berikut adalah beberapa tips perawatan bata expose :

Menggunakan pelapis dinding

Berbagai keluhan mengenai bata berlubang sering kali tidak bisa dihindari. Hal ini karena bata terbuat dari tanah liat yang tidak cukup keras sehingga mudah dilubangi oleh serangga tertentu. Tentunya lubang ini akan merusak keindahan dinding bata expose tesebut. Serbuk-serbuk yang dikeluarkan dari dalam lubang juga akan mengotori rumah. Selain rusak, dinding juga dijadikan sarang oleh beberapa serangga yang suka bersembunyi dalam lubang seperti lipan dan kalajengking. Untuk menghindari hal ini gunakan pelapis dinding pada bata expose natural.
Fungsi pelapis dinding ini adalah untuk memperkuat daya tahan bata. Sehingga tidak mudah rapuh dan dilubangi oleh serangga tertentu. Jangan menggunakan pelapis dinding bata expose sembarangan. Pelapis dinding khusus bata expose dibuat berpori atau mampu menciptakan pori. Dengan demikian bata mendapatkan pori-pori yang cukup. Meski dilapisi bata expose juga tidak akan mudah lembab karena mendapatkan pori-pori yang cukup untuk pergantian udara. Penggunaan pelapis ini juga akan menambah kekuatan dinding sehingga tidak mudah rapuh.

Mengecek bata secara berkala

Bata adalah material yang cukup rapuh. Penggunaannya selama beberapa bulan dapat mengurangi kekuatannya. Karena itu lakukan perawatan dengan memeriksa bata secara berkala. Berbagai keluhan yang sering terjadi pada bata adalah retak. Sehingga dinding bata expose perlu diperiksa secara rutin untuk mendapati bata yang mengalami retak. Selain bata retak, yang harus diperiksa adalah bata berlubang. Biasanya bata yang berlubang mudah sekali ditemukan. Lakukan pemeriksaan rutin pada bata retak dan berlubang.

Setiap bata yang mengalami retak dan lubang harus segera mendapatkan penanganan khusus. Jika retak tidak cukup parah, dapat diatasi dengan pelapis saja. Demikian juga dengan lubang yang mungkin saja ditemukan. Jika lubangnya tidak cukup besar, dapat diatasi dengan melapisinya menggunakan pelapis dinding bata expose. Pelapis ini mencegah lubang semakin besar. Namun jika lubang dan retak pada dinding bata expose semakin parah, Maka harus segera dilakukan perbaikan. Jika dirasa terlalu sulit untuk melakukan perbaikan sendiri, maka gunakan tenaga profesional. Mereka akan membantu melakuan perbaikan pada bata dinding bata expose di rumah.

Memeriksa saluran di balik dinding

Kerusakan yang terjadi pada bata expose tidak hanya terjadi pada permukannya saja. Kerusakan dinding bata expose juga terjadi karena adanya aliran air di balik dinding. Bisa jadi dinding bata expose di rumah berdampingan langsung dengan kamar mandi atau ruangan lain yang dipenuhi air. Jika celah antara kedua dinding berdempetan ini saling terhubung, bisa dipastikan dinding bata expose juga akan mengalami rembesan air. Untuk mencegahnya, harus dipastikan dinding di baliknya bebas air.

Jika dinding yang berdempetan dengan dinding bata expose tidak bebas air, maka harus menggunakan pelapis. Pelapis tidak hanya digunakan pada dinding bata expose. Pelapis juga harus diberikan pada dinding yang berdempetan dengan dinding bata expose. Dengan demikian aliran air hingga serangga tidak mudah masuk dan merembet ke dinding bata expose. Cara ini juga dapat mencegah menjalarnya jamur yang tumbuh di balik dinding bata expose.

Mencuci dinding bata expose

Debu hingga sarang laba-laba dapat melekat dan mengotori dinding bata expose di rumah. Debu yang terlanjur melekat ini tidak mudah dibersihkan. Cara terbaik untuk menghilangkan debu pada dinding adalah dengan mencucinya asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Cara pencucian yang keliru dapat menimbulkan kerusakan lebih parah sehingga dapat menghilangkan warna pada bata expose. Saat mencuci, gunakan lap kain yang telah dibasahi dengan air. Gunakan lap yang cukup lembut sehingga tidak merusak cat. Jika menggunakan sabun, pastikan sabun tersebut bebas asam dan jangan menggunakan pembersih keramik yang mengandung asam karena akan menghilangkan kualitas bata expose sehingga harus menggunakan deterjen biasa untuk memastikan kualitas bata expose natural tetap terjaga.

Selamat mencoba…

Sumber : Berbagi Sumber

]]>
http://bangunan88.com/blog/cara-merawat-bata-expose/feed 0
Pekerjaan Struktur Gedung http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-struktur-gedung http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-struktur-gedung#respond Sat, 03 Feb 2018 13:32:39 +0000 http://bangunan88.com/?p=5832 Secara garis besar pelaksanaan suatu proyek bangunan gedung dibagi atas :

  • Pekerjaan Struktur Bawah
  • Pekerjaan Struktur Atas

Pekerjaan struktur bawah ( Pondasi )

Pelaksanaan Galian Basement

Persiapan

Sebelum proses penggalian dilaksanakan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Kedalaman galian
  • Cek stabilitas lereng, apakah dapat digali dengan open cut dengan membentuk slope (cek tinggi kritis & kemiringan slope).
  • Untuk lahan yang sempit apakah diperlukan dinding penahan tanah yang sementara temporary (sheet pile, sheet pile + Anchoor, dll) permanent (soldier pile, diagfragma wall dll.

Lokasi direksi Keet

Gambar alur Manuver Alat berat dan Dum truck

  • Pengaturan arah maneuver alat berat dan dum truck yang baik yang dilakukan dengan memperhatikan site instalation yang ada.
  • Pemilihan, jumlah, dan komposisi alat gali yang digunakan berdasarkan waktu pelaksanaan dan lokasi proyek.
  • Jalan kerja yang memenuhi syarat
  • Pemeliharan lingkungan sekitar proyek (debu, lumpur bekas material galian, dll)

Method pekerjaan galian

Galian tahap 1, penggalian dilakukan Backhoe dan material langsung di dumping ke dump truck ( posisi dump truck yang optimal dimana sudut swing bucket backoe 450 – 900 ), tinggi galian seuai perhitungan tinggi kritis.

  • Galian tahap 2, lereng hasil penggalian tahap 1 harus diproteksi dari gerusan air hujan dengan menggunakan terpal plastic, dan galian kedua dapat dilaksanakan dengan metode yang sama pada tahap 1.
  • Penggalian dilanjutkan sampai elevasi rencana, untuk penggalian dibaawah permukaan air tanah dilakukan pekerjaan dewatering.
  • Hasil galian tanah dibuang ke lokai disposal area, diusahakan agar jarak disposal adalah jarak terdekat dan yang perlu diperhatikan usahakan tanah galian tidak berjatuhan di jalan dengan cara menutup bak dump truck dengan terpal.

Methode galian basement

Gambar Methode Galian

]]>
http://bangunan88.com/blog/pekerjaan-struktur-gedung/feed 0
Filosofi Makna Feng Shui http://bangunan88.com/blog/filosofi-makna-feng-shui http://bangunan88.com/blog/filosofi-makna-feng-shui#respond Sat, 03 Feb 2018 13:32:01 +0000 http://bangunan88.com/?p=5830 Dalam filosofi Cina, fengshui bukan sekedar bertujuan untuk sukses dalam hidup, karir yang menjulang, memiliki kekayaan, dan lain sebagainya. Keliru jika fengshui sekedar dipahami sebagai cara mengundang rejeki atau istilahnya “money attractor”. Dan sangat disayangkan sekali justru buku-buku populerlah yang menekankan tujuan materi seperti ini tanpa memahami seluk beluk pengembangan diri yang lebih mendasar. Jika kita mempelajari spiritualitas China atau spiritualitas Timur lainnya, kekayaan materi hanya sarana untuk mencapai tujuan. Banyak pepatah China yang justru menekankan hal-hal mendasar.

Berikut adalah beberapa contoh ungkapan populer China :

“Bisa mencapai keberhasilan, pada suatu saat juga bisa rela melepaskannya.” (di de qu, fang de xia)

“Bahagia dan kayalah orang yang tahu cukup.” (zi zu chang le fu)

“Memelihara kesehatan harus dimulai dari memupuk kebajikan.” (yang sheng bi xian yang de)

“Tidak pernah melakukan hal yang melanggar hati nurani, tengah malam ada yang mengetuk pintu tidaklah kaget.“ (bu zuo gui xin si, ban ye san ken qiao men xin bu jing)

bk_yinPendekatan Timur selalu menghubungkan kesehatan fisik dengan kesehatan pikiran. Keberhasilan dalam hidup lebih pada upaya kebajikan untuk memiliki fungsi yang baik, yang sebagai mestinya sehingga tidak merugikan orang lain dan diri sendiri. Orang terpelajar pada zaman Confusius dididik dengan cara seperti ini. Pengabdian terhadap negara dan masyarakat adalah kebaikan dan dijadikan kewibawaan yang menjadi bagian dari orang-orang terpelajar. Jadi kewibawaan bukanlah kekayaan atau gaya hidup yang artifisial lainnya.

TIGA PILAR Dalam tradisi China, ada 3 hal yang mempengaruhi hidup kita :

Yang pertama adalah faktor langit. Ini yang disebut dengan kehendak alam, Tuhan, nasib, atau takdir. Spiritualitas India menyebutnya sebagai karma.

Yang kedua adalah faktor bumi. Inilah yang menjadi perhatian dalam fengshui. Lingkungan turut menkondisikan kita. Perlu memastikan memiliki qi positif sehingga tempat tinggal atau lingkungan menjadi kondusif dan produktif.

Yang ketiga adalah faktor diri. Manusia memiliki kehendak bebas. Untuk itu perlulah manusia berjuang, perlu kerja keras, perlu belajar.

Namun kerja keras tidak menjamin keberhasilan jika tidak ada faktor langit. Bisa jadi orang yang pandai, namun justru tidak mendapat promosi kendatipun perilakunya sebenarnya baik. Ada faktor keberuntungan yang tidak dipenuhi. Untuk itulah dalam tradisi China ada istilah hoki, good luck, keberuntungan.

Ada pepatah yang mengatakan, “Orang pintar kalah dengan orang beruntung.” Faktor lingkungan yang baik, misalkan terlahir dari keluarga yang sebenarnya berkecukupan. Tapi karena tidak mau belajar, bisa jadi tidak bisa sukses juga. Intinya 3 hal itu memiliki titik optimasi tertentu yang membuat seseorang menjadi seperti sekarang ini.

Tujuan hidup yang sering menjadi arah bagi faktor diri tidaklah selalu kehidupan duniawi seperti menjadi sukses, memiliki kekayaan berlimpah, dan lain sebagainya. Perkembangan spiritual seseorang juga termasuk faktor diri. Sering juga ada orang yang mendapat musibah. Namun karena faktor dirinya baik dan memiliki spiritualitas yang tinggi, dia bisa bertahan dalam hidup, bahkan bisa menikmati hidup dengan bahagia dan damai.

Dua faktor yang pertama yaitu faktor langit dan lingkungan merupakan kondisi. Namun faktor ketiga bisa tampil dengan kemampuan diri untuk harmoni, untuk bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut bahkan dalam kondisi yang buruk. Kembali pada fengshui. Disebutkan bahwa ketika qi (energi) mengalir bebas di ruangan, maka kesehatan dan vitalitas akan melimpah. Prinsip dasar fengshui sebenarnya sederhana, yaitu menangkap qi positif selama mungkin dalam ruangan, dalam hal ini dirumah, ditempat kediaman kita, di lingkungan kita sehingga kita mendapat kondisi positif yang baik. Faktor diri ada batasnya. Misalkan kesehatan tubuh. Jika kita tiduran di lantai dalam waktu lama, maka qi terlalu dingin dan mulai mengganggu kesehatan kita. Atau dalam ruangan tidur memiliki posisi yang kurang tepat sehingga ada qi negatif masuk, maka akan mengganggu kesehatan dan keadaan pikiran kita.

Satu dua kali mengalami gangguan mungkin tidak terasa buruk, namun lama kelamaan kiat tidak bisa melawan hukum alam. Dalam kiat yang lebih praktis; banyak sekali kaidah fengshui yang melibatkan persepsi. Misalkan: mengatakan angka empat, yang secara vokal mirip dengan “shi” yang berarti mati. Hal ini lebih merupakan faktor sugesti dan persepsi saja. Karena sudah menjadi bagian dari kebudayaan, maka ada keadaan bawah sadar kolektif yang menerima kaidah. Seringkali mereka yang keturunan China menuruti kaidah tersebut. Artinya, selain fengshui berhubungan dengan manajemen qi (energi), juga berhubungan dengan sugestivitas. Misalkan ada hiasan yang bertuliskan aksara “fuk” yang berarti keberuntungan. Itu mengingatkan untuk re-programming bahwa diri kita ini beruntung. Ini jelas lebih baik dari pada seseorang bangun pagi dan sudah berpikiran buruk dengan merasa diri tidak mampu, selalu sial, dan mental blok lainnya. Jika tiap hari diawali munculnya qi negatif dalam pikiran, maka tentu pekerjaan dan aktivitas seharian berikutnya menjadi tidak maksimal.

DELAPAN SEKTOR Yang paling penting upaya sugestivitas jangan hanya yang berhubungan dengan hoki, sukses, memiliki kekayaan, tapi juga harus seimbang mencakup semua aspek kehidupan.

Sebagai orang awam, kita butuh 8 sektor.

1> Kesejahteraan (hsun)

2> Penerimaan sosial (li)

3> Relasi (kun)

4> Kreativitas (dui)

5> Mentor atau pendukung (chyan)

6> Karir / prestasi (kan)

7> Pendidikan (ken)

8> Keluarga (chen)

Saya sebut sebagai orang awam, karena kita bukan biarawan atau mereka yang tidak melibatkan diri dalam kesibukan mencari nafkah. Sebagai orang awam jelas butuh keseimbangan dalam 8 sektor tersebut. Dalam analisis fengshui biasanya seseorang diminta untuk merenung sebentar. Dari 8 sektor tersebut, jika diberi skala 1 hingga 10 dimana 10 adalah nilai yang paling besar atau yang paling sempurna dan 1 adalah yang paling kecil atau rendah. Misalkan seseorang menilai dirinya sendiri. 1> Kesejahteraan (hsun), bernilai 6 2> Penerimaan sosial (li) , bernilai 6 3> Relasi (kun) , bernilai 8 4> Kreativitas (dui) , bernilai 5 5> Mentor atau pendukung (chyan) , bernilai 7 6> Karir / prestasi (kan) , bernilai 4 7> Pendidikan (ken), bernilai 6 8> Keluarga (chen) , bernilai 10 Artinya orang ini memiliki kesejahteraan yang biasa.

Penerimaan sosial juga biasa. Dalam pekerjaan dia tidak terkenal, dan tidak menonjol juga. Relasi cukup baik. Bisa menjaga hubungan baik dengan teman-teman dan rekan kerja. Sebenarnya orang ini sudah punya attitude yang baik. Dia juga punya mentor, punya pendukung, punya atasan yang baik. Keluarga di rumah juga baik-baik saja. Artinya masalah keluarga tidak menjadi masalah yang berarti. Hanya saja masalahnya kesejahteraan yang pas-pasan. Pendidikan atau upaya belajar memang biasa. Dia bukan seorang pembelajar yang hebat. Itu yang membuat kreativitas kurang. Kurang tampil dan tidak mau unjuk prestasi. Karirnya biasa-biasa saja walaupun kehidupan berkeluarga baik-baik saja, namun sebenarnya dia butuh kesejahteraan lebih untuk memakmurkan keluarga.

Dari sini terlihat bahwa yang perlu menjadi perhatian dan perlu disugestikan agar bertambah dan meningkat nilainya adalah pendidikan (ken), kreativitas (dui), dan prestasi (kan). Jika ditingkatkan maka kesejahteraan (hsun) dan penerimaan sosial (li) akan meningkat.

Sumber : indoarchitect.wordpress.com

Gambar : fengshui-republic.com

]]>
http://bangunan88.com/blog/filosofi-makna-feng-shui/feed 0
Teknik Pemasangan Lantai Keramik http://bangunan88.com/blog/teknik-pemasangan-lantai-keramik http://bangunan88.com/blog/teknik-pemasangan-lantai-keramik#respond Sat, 03 Feb 2018 13:31:21 +0000 http://bangunan88.com/?p=5828 Keindahan suatu ruangan salah satunya adalah kesikuan pada setiap sudut dinding maupun lantai pertemuan antara ujung keramik sangat mempengaruhi kerapihan finishing arsitektur, berikut adalah tips teknik pemasangan penutup lantai yang baik dan benar berdasarkan pengalaman kami.

Perencanaan yang harus disiapkan

Shop Drawing

  • Menentukan sisa Fotongan keramik sisa Fotongan harus > ½ badab keramik
  • Menentukan Nad keramik dinding dan lantai agar bertemu dan nad keramik seragam.
  • Menentukan supaya perempatan keramik bertemu
  • Menentukan tata letak sanitair dan fixture : harus diperempatan / tengah keramik
  • Menentukan titik awal pasang keramik
  • Menentukan expantion joint minimal setiap luasan 12 m2 – 16 m2

Perhitungan resources (Sumber daya) :

  • Bahan yang digunakan : Keramik, Semen PC, Air, Additive.
  • Alat yang digunakan : Jidar alumunium, Bak air (ember), Tempat / dudukan tatakan keramik, Benang atau senar, Palu karet, Sendok spesi, Waterpass, Sekop, Busa/Sepon Kain / Lap Basah.

Tenaga Kerja

Menentukan tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai schedule dan volume pekerjaan, bisa diperkirakan atau dihitung dengan dasar rumus dari koefisien analisa harga SNI.

Pelaksanaan

  1. Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan digunakan
  2. Pahami gambar kerja, pola pemasangan dan lain-lain.
  3. Sortir keramik agar menghasilkan keseragaman : Ukuran / Dimensi, Presisi, Warna.
  4. Rendam keramik yang akan dipasang kedalam bak air (ember) selama 1 jam.
  5. Keramik dianginkan dengan cara diletakan pada tempat dudukan /tatakan keramik setelah proses perendaman
  6. Tentukan garis dasar pasangan serta peil ari lantai. Penentuan pail ini untuk seluruh kesatuan.
  7. Pasang benang arah horizontal dan vertical pada lantai sesuai elevasi pada shop drawing. Kedudukan benang datar dan siku apabila dinding yang ada adalah dinding keramik, maka kedudukan Nad lantai harus diesuaikan dengan yang ada pada dinding.
  8. Pasang keramik sebagai pasangan kepalaan, sepanjang garis dasar yang telah dipasang.

pemasangan Kramik

Gambar Pemasangan Keramik

  1. Cek kesikuan keramik dengan besi siku dan kerataan elevasi keramik dengan Waterpass
  2. Isi permukaan lantai yang lainnya dengan adukan/spesi
  3. Setelah itu pasang keramik berikutnya sesuai posisinya sampai selesai, usahakan supaya tidak ada las-lasan.
  4. Jika keramik sudah terpasang semua, ketuk permukaan keramik dengan palu karet untuk meratakan permukaan keramik supaya tidak rusak/cacat..
  5. Setelah itu cek kerataan keramik dengan waterpass.
  6. Bersihkan permukaan pasangan keramik yang telah terpasang dengan kain/lap basah sampai bersih.
  7. Untuk menghindari naiknya lantai (menggelembungnya lantai ) maka buatlah delatasi.
  8. Kemudian siapkan isian/bahan cor nad pada bak air (ember) dan aduklah hingga rata.
  9. Setelah adukan rata, isi sela-sela nad dengan bahan corn ad dengan menggunakan sendok spesi (sekop). Pengisian nad dilakukan apabila kedudukan keramik telah kuat atau spesi telah kering.
  10. Kemudian rapihkan nad tersebut dengan cape.
  11. Diamkan dan tunggu sampai nad tersebut benar-benar kering.
  12. Setelah kering, bersihkan pasangan permukaan keramik yang sudah dipasang nad dari sisa-sisa bahan corn ad dengan menggunakan kain/lap basah sampai bersih.

Methode pemasangan Kramik

Foto Hasil pemasangan Keramik

Sekian tips teknik pemasangan keramik atau penutup lantai yang benar dari Bangunan88.com, semoga bermanfaat, Wassalam.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>B88<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

Incoming search terms:

]]>
http://bangunan88.com/blog/teknik-pemasangan-lantai-keramik/feed 0