Sebuah desain rumah dengan gaya minimalis hingga saat ini ternyata masih menjadi tren dan masih diminati banyak orang, hal tersebut dikarenakan bentuknya yang sangat simpel dan cukup sederhana. Model rumah tersebut masih diminati banyak orang, terutama kaum muda lantaran sangat mudah dibangun namun juga dengan biaya bangun yang terjangkau. Satu hal yang paling menarik dari desain rumah minimalis, yaitu bisa ditempatkan ataupun dibangun dengan walau hanya dengan tempat yang cukup terbatas.

 

Nah, Jika Anda memimpikan untuk mempunyai rumah dengan desain bergaya minimalis, ada baiknya tetap harus direncanakan dengan baik, meskipun Anda menggunakan jasa desain arsitek. Hal tersebut dimaksudkan agar Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan, baik kebutuhan ruang, penempatan atau hubungan antar ruang, hingga sirkulasi udara. Nah, jika hal tersebut terkonsep dengan baik nantinya juga akan membuat Anda sebagai penghuni merasa senang dan puas.

 

Ada beberapa tips atau langkah-langkah membangun rumah minimalis yang keren dan nyaman serta terkonsep dengan baik :

 

 

  • Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencana pembangunan rumah minimalis dengan seksama, baik dan matang. Anda harus memiliki komitmen kuat sejak awal mengingat pembangunan rumah akan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Rencanakan dengan baik, matang, dan detail pembangunan rumah baik waktu maupun bujet, sehingga Anda benar-benar siap untuk mengeksekusinya hingga selesai tanpa ada halangan,
  • Perhatikan keadaan tanah dan lingkungan sekitar. Hal tersebut dimaksudkan agar sebelum Anda membangun rumah dapat mengetahui tekstur dan kondisi tanah dengan baik di lokasi yang nantinya akan dibangun ataupun lokasi lingkungan disekitarnya, sehingga pemilihan konsep atau desain rumah nantinya akan tepat,
  • Sampai disini Anda jangan lupa untuk memilih tipe dan model rumah yang tepat, dimana rumah tersebut harus sesuai dengan kebutuhan Anda dan ketersedian lahan yang Anda miliki, sehingga bentuk dan luas lahan dapat dimaksimalkan dengan baik.
  • Selanjutnya setelah konsep tipe dan modelnya selesai, Anda dapat memulai dengan menyusun denah rumah yang akan Anda bangun secara detail, sehingga Anda dapat membuat estimasi Rencana Perhitungan Biaya-nya (RAB). Dalam hal ini, Anda harus membuat denah yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan, agar kelak rumah ini bisa memberikan kenyamanan maksimal.
  • Ukurlah dengan rencana yang tepat dan akurat. Sangat penting untuk melakukan pengukuran dengan cermat agar dapat membantu Anda dalam membangun rumah, membeli bahan-bahan material dalam jumlah yang tepat sehingga uang yang Anda keluarkan pun akan sesuai. Sebelum melakukan ini, Anda harus mengecek harga bahan bangunan dan sebagainya secara update. 
  • Hal yang paling mendasar ketika akan membangun rumah adalah mengecek dan menghitung kondisi keuangan. Anda dapat menyesuaikan pembangunan rumah dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai hanya demi mengikuti keinginan, Anda lalai bahwa tabungan tidak cukup, sehingga di tengah jalan pembangunan rumah terhenti.
  • Agar sesuai dan tidak terkesan boros maka anda harus menghindari membeli bahan-bahan material mewah, terutama jika bujet Anda membangun rumah minimalis pas-pasan. Anda dapat mencari dan memilih bahan material yang berkualitas, tetapi tetap dengan harga terjangkau.
  • Agar pembangunan rumah minimalis dapat berjalan dengan lancar, baik, dan sesuai rencana, Anda dapat mempercayakannya pada arsitek ataupun ahli bangunan yang profesional. Hal tersebut bertujuan agar pembangunan rumah dapat sesuai dengan konsep dan desain rumah, serta bujet yang Anda inginkan.

 

Khusus untuk area DKI Jakarta, Depok, Bogor, dan Bekasi, dengan kualitas tenaga ahli yang berpengalaman,

Tim Bangunan88 siap mewujudkan rumah impian Anda.

 

Tips dan langkah-langkah membangun rumah minimalis

gallery/kembali-ke-jasa-arsitek